Selasa, 04 September 2012

Kipas Angin Muter Lambat

Apakah mas bro/mbak bro memiliki masalah dengan kipas angin yang berputar lambat/pelan-pelan, dan kadang-kadang sampai tidak mau berputar sama sekali???
Dulu saya juga memiliki masalah seperti itu, tapi jangan buru-buru dibawa ke bengkel elektronik. Bisa-bisa anda bayar banyak, padahal penyebab rusaknya hanya sepele. tp kalo d.bawa ke tempat saya jg gpp hehehe
Berdasarkan dari masalah yang saya alami, saya coba-coba untuk membongkar kipas angin saya, saya bersihkan debu-debu yang menempel, dan tertempel ada diagram jalur elektroniknya.
Setelah saya telusuri, bagian yang paling berpengaruh penyebab kerusakan itu saya tebak adalah kapasitornya, karena di diagram kapasitor tersebut terhubung dengan 2 buah kabel berwarna cokelat dan merah yang menghubungkannya dengan motor penggerak. Setelah saya cabut kapasitor berwarna hitam berbentuk kubus, kemudian carikan di sparepart toko elektronik dengan daya yang sama tercantum pada sisi kapasitor. Ternyata harganya cuma 4000 an rupiah saja. Alhasil setelah saya coba pasang yang baru, kipas angin saya berputar kenceng seperti dulu waktu masih baru. hehehe….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar